06 Agustus 2009

Kesehatan dan Kecantikan (KK)


Sehat dan Cantik/Ganteng Luar dan Dalam

Apa sih difinisi sehat ?
Dan apapula difinisi Cantik/Ganteng ?

Saya bertanya kepada istri, saudara, sahabat dan sebagian karyawan saya, jawabnya kalau boleh saya gabung jadi satu, kurang lebih seperti berikut :

Difinisi Sehat adalah : tidak sakit, kuat, fit, segar, tidak lesu/loyo, dapat beraktifitas (tanpa terganggu), semangat.

Definisi Cantik/Ganteng :
Cantik : sexy, enak dilihat, montok, langsing, kulitnya putih, rambutnya panjang, tinggi, betisnya indah, body nya tidak papan (rata).
Ganteng : keren, macho, tinggi, tegap, atletis, penampilannya oke, pokoknya sip deh (apa tuh maksudnya non ???).

Melihat jawaban tersebut diatas dapat disimpulkan, bahwa kebanyakan dari kita kalau bicara kesehatan yang diperhatikan hanya kesehatan fisik atau tubuh atau jasmaninya saja, kesehatan psikis atau jiwa kita belum mendapat perhatian sama sekali.
Padahal kita sering mendengar pepatah : " didalam jiwa yang sehat terdapat pula tubuh yang kuat ".
Kalau kita mengambil referensi dari Alkitab Perjanjian Lama (Kitab Kejadian 2 : 7), Tuhan Allah menbentuk manusia dari debu tanah, artinya tubuh kita dibuat dari sesuatu yang tidak berharga, tapi yang membuat kita bernilai dan memiliki kehidupan adalah, Allah menghembuskan nafas hidup kepada debu tanah (tubuh manusia) tersebut, artinya Allah memberikan kita jiwa agar tubuh kita bisa hidup.

Jadi yang membuat kita hidup, kita sehat adalah jiwa (roh) dan pikiran (otak) kita, seperti kata para ahli jiwa : kesehatan kita berawal atau bermula dari pikiran kita.
Jadi yang didalam tubuh kita jauh lebih penting dan berharga dari tubuh kita bagian luar,.......... setujukah kamu ?
Sekarang kita simak lagi jawaban atas pertanyaan difinisi Cantik dan Ganteng, lagi-lagi kita melihat bahwa yang diperhatikan adalah hanya penampilan luarnya saja yaitu fisiknya saja (outer beauty), kita belum memperhatikan kecantikan yang berada didalam tubuh kita (inner beauty) seperti sikap mental, perilaku dan kepribadian kita.
Padahal kita sering mendengar para pakar kesehatan dan kecantikan berkata inner beauty lebih penting dibanding dengan outer beauty,........... apa benar demikian ???
Coba adakan survey kepada kaum adam dan hawa (khususnya kaum hawa), pertanyaannya sederhana saja, yaitu :
1. Berapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk mempercantik wajah dan tubuhmu ?
2. Berapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk mempercantik inner beauty mu ?
Saya sangat yakin jawaban No.1 kalau dijumlah nominalnya mungkin mencapai puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah.
Kalau jawaban No.2, jujur saja saya tidak punya gambaran nominal rupiahnya, mungkin banyak sekali yang nilai nominal rupiahnya adalah nol rupiah.
Karena pengalaman saya mengatakan banyak sekali kaum hawa yang sangat royal, mau dan rela mengeluarkan uang puluhan juta rupiah untuk membuat cantik wajah dan tubuhnya, tetapi ia menjadi sangat pelit dan tidak mau mengeluarkan rupiahnya untuk mempercantik sikap mentalnya, perilakunya dan kepribadiannya, begitupun dengan kaum adam,.......... bagaimana menurut pendapatmu ?