22 Agustus 2009

51 = 15 (PL-4)


KASUS-4, Kepribadian Kanak-Kanak

51 = 15 (baca, 51 sama dengan 15), aneh apa pula maksudnya ?
Tidak mungkin 51 = 15, pakai rumus matematika apapun, tidak akan ada yang membenarkan nya.
Saya yakin kamu semua sependapat dengan tulisan saya diatas,.......... sekali lagi, tidak mungkin 51 = 15,..........iya kan ?
Tapi kalau kita bicara kepribadian, dilihat dari tingkat-tingkat kepribadian (ego state personality), maka, 51 = 15 sangat mungkin terjadi dan banyak terdapat dimasyarakat kita.
Maksudnya 51 = 15 , adalah orang yang usianya 51 tahun, tapi kepribadiannya dan perilakunya seperti anak berusia 15 tahun, bahkan seperti anak yang lebih kecil lagi.
Ayo kita bercermin dan perhatikan juga sekeliling kita,........... berapa banyak orang yang usianya telah dewasa, bahkan orang tua,........... tapi kepribadiannya dan sikap mentalnya, seperti kanak-kanak (usia 4 tahun s/d 10 tahun, paling tua 15 tahun).
Itulah sebabnya masyarakat kita mudah di provokasi, mudah diadu domba, mudah digombalin, mudah tawuran, tidak konsisten, tidak tepat janji, tidak disiplin, tidak tanggung jawab,......... dll.
Itu semua karena masyarakat kita banyak yang memiliki kepribadian kanak-kanak, kecenderungannya kanak-kanak murni.
Apa penyebabnya ???
Penyebab utamanya adalah salah didik (kesalahan orang tua dan keluarga kita).
Mengapa demikian ?
Karena banyak orang tua dan keluarga terdekat dari anak tersebut, yang saking sayang dan cintanya, mereka tetap menjadikan anaknya,........... kanak-kanak terus, walaupun usia anak tersebut sudah bukan kanak-kanak lagi.
Akibatnya kepribadian yang dominan (sangat dominan) dari anak tersebut adalah kanak-kanak.
Apakah kepribadian kanak-kanak itu jelek ?
Jawabnya sama sekali tidak jelek, karena setiap manusia yang normal atau tidak cacat kepribadiannya, dia pasti memiliki kepribadian kanak-kanak.
Kepribadian kanak-kanak, banyak yang berhasil dan suskses, di dunia akting, perfilman, bisnis hiburan, promotion, PR, bisnis kreatif, marketing, Sales dll
Yang jelek adalah kepribadian kanak-kanak yang kecenderungannya kanak-kanak murni.
Apa sih maksudnya kepribadian kanak-kanak murni ?
Maksudnya adalah sifat kanak-kanaknya sangat dominan, artinya dalam beraktivitas sehari-hari pikirannya dikuasai oleh sifat kanak-kanaknya (seperti judul diatas 51 = 15).
Orang-orang yang memiliki kepribadian kanak-kanak murni, termasuk orang yang menderita penyakit mental dan kepribadian yang disebut Psikosomatik.
Sipenderita biasanya tidak sadar, tidak tahu dan tidak mau tahu akan penyakitnya,......... yang menderita justru orang-orang dekat disekitarnya.
Yang lebih membahayakan,.......... penyakit tersebut lama-kelamaan dapat menular kepada orang lain, dimulai dari rumah tangganya (anak dan istri), keluarga dan teman-teman dekatnya.
Penyakit tersebut akan menghancurkan dan sangat merugikan kita dalam segala bidang, tanpa kita sadari,.......... itulah salah satu ciri utama penyakit Psikosomatik.
Banyak penderitanya yang tidak sadar dan tidak mengetahui bahwa dia menderita penyakit Psikosomatik, berbeda dengan penyakit fisik, misalnya demam, diare, sakit gigi dll, kita langsung merasakannya dan kita segera cari obat untuk menyembuhkannya.
Tapi penderita penyakit Psikosomatik, tetap tenang, cool, cuek, EGP, walaupun dia menderita penyakit yang sangat membahayakan mental dan kepribadiannya,.......... sudahkah kita tahu kesehatan mental dan kepribadian kita ?