27 Oktober 2009

Jawaban Pertanyaan Pengunjung Blog (JPPB-1)


Jawaban Pertanyaan Pengunjung Blog psikosomatik-ku

Pertama-tama perkenankanlah saya menyampaikan salam sejahtera kepada Bapak, Ibu dan para sahabat ku pengunjung blog Koh Leman, diiringi doa semoga kita semua selalu berada dalam keadaan sehat dan selalu dalam perlindungan Tuhan YME,......... Amin.
Mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena e-mail kalian semua baru dapat Koh Leman jawab sekarang, bukan tidak perhatikan terhadap semua pertanyaan yang masuk, tapi karena keterbatasan waktu yang ada, sehingga sebagian pertanyaan dari para sahabat baru dapat dijawab sekarang,......... jangan marah dan kecewa ya.
Koh Leman tidak dapat menjawab pertanyaan Bapak dan Ibu satu persatu, karena jumlahnya e-mail yang masuk cukup banyak, untuk pertanyaan yang bersifat pribadi mohon maaf tidak dapat dijawab melalui forum ini.
Jawaban pertanyaan yang senada atau kurang lebih sama maksudnya akan disatukan dan untuk pertanyaan Bapak, Ibu yang tidak dijawab, silahkan baca kembali dengan cermat dan teliti tulisan yang ada di blog ini, karena jawabannya ada disana.
Semoga jawaban yang diberikan dapat memberikan pencerahan dan pemahaman yang lebih baik terhadap penyakit Psikosomatik kita.
Pertanyaan dari Ibu Ani, Widia, Nelly, Yuli (Jakarta), Teti (Bandung), Mei Ling (Semarang), Sri M (Surabaya), Bpk Arman, Rudy, Hendrik (Jakarta), Tomi (Lampung), Sigid (Bogor), Yanto (Surabaya), Suryansyah (Banjarmasin), yaitu :
1. Kenapa banyak sekali orang yang menderita penyakit Psikosomatik ?
Jawaban :
Hasil penelitian menyebutkan bahwa minimal 7 dari 10 orang menderita penyakit Psikosomatik dan penderita Psikosomatik tidak memandang suku, strata, derajat, tingkat pendidikan dll, jadi apakah ia seorang kepala negara, menteri, presdir, direktur, orang kaya sampai dengan tukang ojek dll, bisa menderita penyakit Psikosomatik.
Orang banyak menderita penyakit Psikosomatik, karena dalam kehidupan, kita sering kali menerima emosi-emosi yang negatip (baik disengaja ataupun tidak), emosi tersebut mengakibatkan luka-luka emosi atau luka batin, itulah penyebab Psikosomatik.
2. Apa yang dimaksud dengan luka Emosi atau luka Batin dan apa penyebabnya ?
Jawaban :
Luka Emosi atau luka Batin adalah suatu peristiwa atau suatu kejadian yang negatip yang terekam dan masuk kedalam pikiran bawah sadar kita.
Penyebab luka Emosi atau luka Batin adalah :
- Rasa takut berlebihan atau ketakutan
- Rasa bersalah dan tidak berdaya
- Rasa kecewa dan sakit hati
- Rasa benci, marah dan dendam
- Kejadian traumatik
- Materi (uang) dan harta
- Pengakuan dan penghargaan diri berlebihan, gila hormat, gengsi, jabatan, pangkat dll
- Perilaku negatip dari keluarga atau orang-orang dekat disekitar kita
- Dan lain sebagainya.
3. Mengapa penyakit Psikosomatik, tidak pernah terdengar sebelumnya ?
Jawaban :
Saya tidak tahu jawabannya,.......... mungkin masyarakat kita selama ini baru perhatian kepada penyakit fisik (jasmani), sedangkan penyakit psikis (penyakit yang berkaitan dengan jiwa/rohani) belum mendapat perhatian atau masih diabaikan.
Dari pengalaman saya sendiri sebagai psikoterapis, pertanyaan tersebut diatas adalah sangat wajar, karena memang demikian adanya,........ bahkan mendengar kata psikosomatik saja, untuk kebanyakan orang baru yang pertama kali, walaupun mereka telah menderita penyakit Psikosomatik selama puluhan tahun dalam hidupnya.
4. Penyakit Psikosomatik termasuk penyakit apa ?
Jawaban :
Psikosomatik termasuk penyakit jiwa, tapi kelasnya masih ringan sampai sedang, jadi belum dapat dikategorikan gila (lupa ingatan).
Tapi tanpa disadari penyakit tersebut mempengaruhi dan merugikan hidup dan kehidupan mereka, juga merugikan orang-orang dekatnya.
5. Mengapa penyakit Psikosomatik merugikan orang lain (selain sipenderita) ?
Jawaban :
Saya akan menjawab dengan contoh kasus saja, misalnya penderita Psikosomatik memiliki perilaku suka berbohong, suka memfitnah, suka bikin gosip, suka membuat resah dan bikin susah, temperamental, histeris dll, apakah perilaku tersebut diatas tidak merugikan orang lain ?
Baiklah untuk kali ini 5 buah pertanyaan yang saya jawab terlebih dahulu, yang lainnya menyusul, tunggulah jawaban Koh Leman berikutnya di JPPB-2,......... terima kasih atas perhatiaannya.