20 Juli 2009

MERDEKA-MERDEKA-MERDEKA !!!

Selamat Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 64 tahun
Bulan Agustus adalah bulan yang penuh Rahmat dan Berkat dari Tuhan YME, kepada Bangsa Indonesia, karena 64 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945, di Jakarta, atas nama bangsa Indonesia, Bung Karno (Ir. Soekarno) dan Bung Hatta (Drs. Moh. Hatta) memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia, mulai dari Sabang (Aceh) sampai dengan Merauke (Papua).
Saat ini (17 Agustus 2009) tanpa terasa kita telah menghirup udara kebebasan dan kemerdekaan selama 64 tahun.
Usia 64 tahun adalah usia yang tidak muda lagi, jika dianalogikan dengan usia manusia, usia tersebut, sudah tidak muda lagi, sudah sangat matang, memiliki pengetahuan, wawasan dan penuh pengalaman, baik suka maupun duka,.
Tetapi apa yang terjadi dengan bangsa ini ?
Indonesia adalah bangsa yang besar, Tuhan YME memberikan Rahmat dan Berkatnya kepada Bangsa ini, tanahnya sangat subur, hasil pertanian, perkebunan, hutan, tambang dan mineral juga hasil lautnya sangat berlimpah, beraneka ragam, sangat lengkap dan sangat kaya.
Bahkan kalau kita baca dibanyak buku,.......... dari kekayaan alam dan lautnya Indonesia termasuk salah satu negara terkaya di dunia ini.
Otak orang Indonesia juga cerdas (tidak bodoh), terbukti banyak perlombaan atau kejuaraan dunia ilmu pengetahuan, baik itu matematika, fisika, kimia, IT, teknologi dll di menangkan oleh adik-adik kita yang luar biasa pintarnya.
Banyak orang-orang pintar di negara kita, sebutkan lulusan dari universitas terbaik di dunia ini yang tidak dimiliki oleh Indonesia.
Belum lagi lulusan Universitas terbaik negeri ini, yang mutu dan kwalitasnya tidak kalah dengan lulusan Universitas negara tetangga kita, sesama negara Asia Tenggara bahkan Dunia.
Tapi coba lihat dengan hati, pikiran yang jernih dan kepala dingin,............ mengapa sudah 64 tahun Indonesia merdeka, tapi dari segi perekonomian, kwalitas, kompetensi dan produktifitas SDM, bangsa kita dinilai rendah bahkan sangat rendah, jika dibandingkan dengan negara tetangga kita di Asia Tenggara (lihat dan baca tulisan berjudul HDI dan tulisan lainnya tentang SDM).
Rakyat kita masih banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan, kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia belum dapat diwujudkan, angka pengangguran terbuka juga masih tinggi (+/- 11 juta orang), kehidupan masyarakat khususnya kelas menengah bawah semakin sulit, akibat dampak krisis ekonomi tahun 1998, ditambah lagi krisis keuangan global akhir 2008.
Keamanan negara dan citra negara kita dimata dunia internasional, saat ini sangat terpuruk dan negara kita dicap sebagai sarang teroris.
Sangat menyedihkan memang, seperti kata pepatah sudah jatuh tertimpa tangga, tertimpa tembok, tertimpa genteng, digigit monyet pula (maaf pepatahnya saya tambahkan,......... habis gregetan sih melihat sikon negara kita).
Belum citra buruk lainnya yang melekat pada negara kita,.......... bagi para pengusaha yang sering berhubungan dengan mitra dari negara lain, pasti tahu dan paham dengan apa yang saya maksudkan.
Mengapa yah bangsa dan negara kita bisa seperti itu ???
Menurut pendapat saya, yang terlemah dari bangsa ini adalah Kepribadian dan Sikap Mentalnya,.......... untuk itu kita semua (pemerintah, swasta, tokoh masyarakat dan masyarakat) harus bersama-sama, bersatupadu dan sehati mau memperbaiki kekurangan tersebut.
Kita harus menjadu bangsa dengan Kepribadian Dewasa, Terbuka dan memiliki Mental Juara (Mental Pemenang).
Pada bulan yang sangat istimewa ini, saya sebagai salah seorang anak bangsa, hanya dapat menyumbangkan pengetahuan, kemampuan dan ide-ide saya dalam bentuk tulisan dan berbagi pengalaman (kisah nyata), kepada siapapun sahabat ku yang membaca BLOG psikosomatik-ku ini.
BLOG psikosomatik-ku ini sengaja diluncurkan pada bulan Agustus 2009, sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan harapan para pengunjung BLOG psikosomatik-ku yang budiman, dapat mengambil hikmah positip dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari, di masyarakat, di pekerjaan atau dimanapun juga.
Jika yang dibaca itu bermanfaat dan baik adanya, bagikanlah informasi ini kepada sahabat-sahabat kita lainnya, agar kita semua dapat berubah menjadi lebih baik lagi.
Kita semuanya harus secepatnya bangkit dari keterpurukan citra, ekonomi, SDM, demi harga diri, bangsa, negara, keluarga dan diri kita sendiri.
STOP !!!, berhenti saling salah menyalahkan, itu tanda Kepribadian kita seperti KanaK-Kanak, lebih baik dan produtif kita saling bantu, mengingatkan, membimbing dan memberikan jalan keluar terbaik bagi bangsa dan negara tercinta.
STOP !!!, berhenti mempersoalkan, memperdebatkan dan memprovokasi pihak manapun juga, karena itu semua akan menambah kepedihan dan penderitaan rakyat kecil.
Secepatnya kita harus bangkit, telah 64 tahun kita diberi kebebasan dan kemerdekaan oleh Tuhan YME, jangan sia-sia kesempatan emas tersebut dengan kepentingan sesaat atau jangka pendek, untuk segelintir orang atau golongan tertentu,......... lupakanlah perselisihan, perbedaan adalah anugerah jangan dipersoalkan, mari kita bahu membahu membangun bangsa ini sesuai dengan pengetahuan, keahlian dan kemampuan kita masing-masing.
Saatnya kita memberikan BUKTI bukan JANJI, sekarang waktunya kita bekerja keras untuk mengejar ketertinggalan kita dan menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara dan bangsa yang besar, yang harus dihormati dan dihargai oleh negara manapun juga di dunia ini.
Selamat Ulang Tahun Negara ku tercinta, 17 Agustus 2009, MERDEKA-MERDEKA-MERDEKA !!!,.......... terimalah kado kecil ku ini, untuk mu bangsa dan negara ku.
Semoga kado kecilku ini bermanfaat dan memiliki nilai tambah untuk kemajuan bangsa dan negaraku tercinta,......... INDONESIA.
Salam Sukses - Koh Le Man