29 Juli 2009

Keluarga PENAKUT (PHOBIA-7)


KASUS-7, PHOBIA GELAP dan HANTU

Saya mengenal satu keluarga besar, ayah, ibu dengan 6 orang anak, 5 perempuan dan 1 laki-laki, dimana semua anak-anaknya telah menikah, ayah (opa) dan ibu (oma) ini telah memiliki 9 orang cucu dari ke 6 orang anaknya (Januari 2009), mereka tinggal di daerah Cibubur.
Salah satu anaknya kebetulan client saya, waktu saya terapi dia, Phobia yang minta dihilangkan salah satunya adalah Phobia kepada Gelap dan Hantu.
Ibu ini bercerita bahwa semua keluarganya kecuali ayahnya (opa), Phobia kepada Gelap dan Hantu.
Saya bertanya kepada si ibu,.......... ia dan keluarganya merasa terganggu tidak dengan Phobia nya itu ?, jawabnya : sebenarnya sih merasa terganggu, tapi keluarganya menganggap itu sesuatu yang harus diterima dan sudah dari sono nya begitu.
Terus saya tanya lagi, kenapa keluarga besar ibu rata-rata Phobia nya sama, yaitu Phobia kepada Gelap dan Hantu ???
Si ibu binggung untuk menjawab dan menerangkannya, saya jelaskan bahwa Phobia yang diderita oleh si ibu, saudaranya dan anak-anaknya itu berasal dari mama nya ibu tersebut (si oma) yang menularkan kepada anak-anaknya dan anak-anaknya menularkannya lagi kepada anak-anak mereka, jadi lengkap sudah penularannya dari mulai oma sampai dengan cucu-cucu nya.
Ibu ini bercerita yang paling membuat repot mereka adalah jika mau pipis malam hari atau pada saat mati lampu dadakan (malam hari).
Kalau mau pipis malam hari, pasti mereka akan membangunkan keluarga yang lainnya untuk mengantarkan atau bersama-sama masuk ke kamar mandi, walaupun jarak kamar ke kamar mandi tidak lebih dari 5 meter saja.
Jika malam hari mau pipis si oma minta antar sama cucunya, begitupun dengan si ibu atau saudara-saudaranya minta antar sama suaminya atau di antarin oleh anak-anak mereka yang juga masih kecil-kecil (rata-rata baru duduk di SD),.......... aneh dan lucu ya.
Saya tanya lagi, kalau kebetulan tidak ada yang ngantarin ke kamar mandi, bagaimana ???
Jawabnya : ya tidak jadi pipis,.......... ditahan pipisnya sampai pagi,.......... aduh bagaimana ya rasanya menahan kebelet pipis ???
Ibu ini kasih tahu kepada saya, seraya katanya ssssssttt !!!, tapi jangan bilang-bilang ya,.......... saya pernah ngompol di kasur saking tidak tahan kebelet pipis,.........., waktu itu saya tidur di kamar sendirian (suami sedang keluar kota),.......... iiiiich, amit-amit jabang bayi dah !!!
Sekarang ibu ini sudah bebas dari Phobianya, dia telah berani Gelap dan tidak takut Hantu lagi, tapi bagaimana dengan keluarganya ???
Mereka tetap tidak mau di terapi, walaupun mereka telah menyaksikan sendiri kesembuhan yang telah di alami oleh salah seorang keluarga mereka.
Ya saya hanya bilang ke pada ibu ini, jangan paksa keluargamu untuk mengobati Phobia nya kalau mereka tidak mau,.......... biarkanlah, mereka lebih suka memiliki masalah dari pada berusaha untuk menghilangkan masalah mereka,.......... itulah sikap mental sebagian besar masyarakat kita,.......... kebanyakan dari kita takut untuk mengatasi atau menyelesaikan masalah kita sendiri !!!,.......... bagaimana menurut pendapat mu ???